Profil Dinas

SEJARAH SINGKAT

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lamandau berdiri bersamaan dengan berdirinya Kabupaten Lamandau pada tahun 2002. Pada masa awal berdirinya, pegawai yang bekerja di dinas ini hanya berjumlah 9 orang yang dipimpin oleh Bapak Ir.Sudiro selaku kepala dinas yang pertama. Beriring bertambahnya waktu, pegawai dinas PU yang berstatus PNS berjumlah 60 orang ditambah dengan beberapa tenaga honor dan kontrak dari berbagai latar dan jenjang pendidikan yang mendukung berjalannya tupoksi dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lamandau.

Kantor yang pertama kali digunakan pada saat awal pembentukan beralamat di Jl. JC. Rangkap Rt.1 Kelurahan Nanga Bulik. Sedangkan saat ini kantor sudah terpusat di komplek perkantoran Pemkab Lamandau, Bukit Hibul tepatnya di jalan Marunting yang menempati lahan seluas 2 ha.

Kepala Dinas Pekerjaan umum dari awal sampai saat ini (mei 2012) sudah berganti sebanyak 5 kali yaitu: Ir. Sudiro; Ir.Penyang Kondrat, MT; Ir.Ardiansyah dan Ir.Leonard S.Ampung, MT (cand).

 

VISI DAN MISI

Visi : “Terwujudnya pembangunan sarana prasarana umum sebagai penunjang peningkatan ¬†kesejahteraan masyarakat, dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”

Misi:

  1. Melaksanakan pembangunan kawasan pemukiman yang terpadu
  2. Melaksanakan pembangunan dan penanganan jalan dan jembatan menurut fungsi dan peranan sesuai prioritas serta pengembangan sumber daya air dan irigasi
  3. Melaksanakan dan memberikan bimbingan teknis pembangunan sarana dan prasarana ke-PU-an.
  4. Meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas pokok Dinas PU berdasarkan Perbup No. 14 Tahun 2008 adalah : “Membantu Bupati dalam melaksanakan kewenangan desentralisasi dan tugas perbantuan di bidang Pekerjaan Umum

Adapun fungsinya adalah :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang pekerjaan umum, bina marga, cipta karya, pengairan, dan tata ruang dan pengembangan kawasan strategis
  2. Pembinaan dan penyusunan perencanaan dan program
  3. Pembinaan dan pelaksanaan pengembangan sarana transportasi, pengairan, tata ruang, tata kota, kebersihan, permukiman dan permakaman
  4. Pembinaan dan pelaksanaan pengembangan konstruksi, jalan dan jembatan, permukiman, pertamanan dan kebersihan
  5. Pembinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pekerjaan umum
  6. Penyelenggaraan pembinaan unit pelaksana teknis dinas
  7. Penyelenggaraan urusan kesekretariatan dinas

TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan

  1. Tertatanya kawasan-kawasan permukiman dengan menyediakan sistem jaringan drainase, jalan lingkungan, sarana air bersih yang efektif dan efesien
  2. Tersedianya jalan beraspal dalam kondisi mantap dan jaringan jalan baru untuk pengembangan wilayah serta membuka desa terisolir
  3. Tersedianya sistem jaringan yang memadai
  4. Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas

Sasaran

  1. Pembangunan jalan lingkungan, jembatan dan titian guna penataan kawasan kumuh perkotaan
  2. Pembangunan saluran/drainase pembuangan guna mengurangi kawasan genangan air di perkotaan
  3. Meningkatkan sarana air bersih untuk menjangkau kawasan permukiman padat perkotaan
  4. Meningkatkan prosentase panjang jalan mantap (jalan aspal kondisi baik dan sedang)
  5. Meningkatkan panjang jalan mantap yang dapat dilalui kendaraan roda 4 guna pengembangan wilayah permukiman dan membuka keterisolasian kawasan perdesaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s